Kamis, 27 Agustus 2009

Jalan Lingkar Kapitu -Tumpaan Berbanrol 664 miliar

Masyarakat Pertanyakan Realisasinya

Kendati ,masyarakat pemilik lahan telah menyetujui lahannya untuk di bangun Jalan lingkar Kapitu- Tumpan, Hingga sampai sat ini, belum ada realisasi pembuatannya Padahal masyarakat sangat rindu akan dibangunnya jalan lingkar tersebut. Mengingat jalan yang ada sekarang ini sangat sempit .Pemerhati pembangunan Minahasa Selatan Safri Boim kepada Radio Swara Amoerang "Sebaik Pemerintah dapat merealisasikan rencana pembangunan Jalan lingkar tersebut sebab setiap ada kegiatan yang menggunakan Jalan Tran Sulawesi membuat macet seluruh Kendaraan.ujarnnya
Sementara Wakil Bupati Minsel Ventje Tuela, S.Sos kepada Radio sawara amoerang menampik hal diatas. ‘’Ya Pemerintah tetap akan melasanakan rencana tersebut dan beberapa pekan lau saya lobi ke pusat dan Pemerintah Pusat akhirnya menyetujui pembangunan jalan Lingkar Kapitu-Tumpaan. Total dana yang disetujui sebesar Rp 664 miliar. Dengan panjang jalan 22 kilometer, serta lebar 22 meter dan dilengkapi dengan 10 buah jembatan. Mega proyek tersebut juga akan ditender dengan klasifikasi internasional.
Pemerintah pusat melalui Departemen PU menyetujuinya. Total anggaran sebesar Rp 664 miliar. Menurut Tuela, belum tahu apakah melalui APBN 2010 atau masuk ke modal asing. Dimana, dalam tendernya juga langsung menggunakan klasifikasi internasional,’’ ujar Tuela. Lanjut dikatakan , bahkan pembangunan jalan jalan lingkar Kapitu-Tumpaan merupakan proyek prestisius bagi kelanjutan pembangunan Minsel kedepan.
Dan soal dana pembebasan tanah. Semuanya ditanggung Pemkab Minsel. Itu juga akan masuk pada APBD 2010 mendatang. Karena pemerintah pusat telah menyetujuinya, maka hal tersebut harus segera ditindaklanjuti. Kalau kita lambat, maka dipastikan mega proyek diatas akan bergeser ketempat lain. Untuk itu, kita harus jemput bola proyek miliaran tersebut,’’ jelas kandidat Bupati Minsel tahun 2010 mendatang.
Ditempat terpisah, tim Ahli Pemkab Minsel Ir Jantje Wauran, MM menegaskan bahwa mega proyek jalan Jalan Lingkar Kapitu-Tumpaan sesuai rencana Korea Selatan (Korsel) sudah menyatakan siap membangunnya. ‘’Toh, bila pemerintah pusat melakukan tender dengan klasifikasi internasional. Maka Korsel langsung menyatakan kesiapan untuk masuk. Tentunya, dananya juga Korsel yang membiayainya. Olehnya, kita tunggu saja kapan dimulainya tender prestisius ini berlangsung,’’ ungkap Wauran yang juga mantan Kepala Bappeda Minsel ini. (Safri)

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright by Swara Amoerang 107.7 FM  |  desain by Zhee